Takeichi Nishi, perwira Jepang peraih emas Olimpiade

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 106

Masih ingat perwira penunggang kuda dalam film Letters from Iwo Jima? Yup, Takeichi Nishi!

jlmc - takeichi nishiTakeichi Nishi lahir di Azabu, Tokyo, Jepang, pada 12 Juli 1902. Ia adalah anak tak sah dari tokoh samurai terkenal Jepang yang juga menjadi menteri dalam pemerintahan Meiji, Tokujiro Nishi. Namun gelar Baron ia dapatkan setelah ayahnya meninggal dunia. Lulus dari sekolah militer di Jepang tahun 1924, Nishi bergabung dengan kavaleri Jepang. Kemampuannya berkuda mengantarkannya pada kejuaraan lompat kuda Olimpiade tahun 1932. Nishi berhasil menyabet medali emas pada event tersebut.

Kemenangannya pada Olimpiade melambungkan namanya di Amerika. Ia populer di kalangan lingkungan Hollywood dan menjadi bagian di dalamnya. Meski demikian ketika dihadapkan pada pilihan: lingkungan sosialnya atau tanah airnya, ia pun pulang. Memenuhi kewajiban sebagai warga negara dan juga statusnya sebagai prajurit.

Tahun 1944, Baron Nishi bersama komandan resimen dari Resimen Tank-26, Mudanjiang ditugaskan untuk melakukan pertahanan terhadap Iwo Jima. Dalam perang ini Nishi meninggal dunia. Sutradara ‘Letters from Iwo Jima”, Clint Eastwood menggambarkan kematian Nishi sebagai bunuh diri pasca kebutaan yang dialaminya dari serangan sebelumnya. Tapi konon tidak diketahui persis seperti apa kematiannya.

Takeichi Nishi meninggal pada usianya yang ke-42 tahun. Secara anumerta ia dipromosikan ke pangkat kolonel. Kuda kesayangannya, Uranus, meninggal satu minggu kemudian.

 
Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s