Burung Elang Jepang bermigrasi ke Indonesia

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 107

Ingin melihat elang Jepang dari dekat? Berkunjunglah ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

jlmc - elang jepangSejak akhir September lalu kawasan Malang menjadi wilayah transit raptor terbang ini. Migrasi ini terjadi karena kawasan mereka tinggal mulai dingin sehingga mereka sulit mencari makan. Rombongan pemangsa ini bermigrasi ke dataran yang lebih hangat dan kaya makanan seperti Indonesia yang memiliki beragam serangga, tikus, dan ular.

Ribuan elang ini menyebar di beberapa titik lokasi kawasan Cangar Kota Batu, Kecamatan Jabung, dan Poncokusumo Kabupaten Malang. Lokasi utamanya di kawasan hutan TNBTS, Desa Wonokerto Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Diperkirakan ada sekitar 20 jenis elang turut dalam rombongan migrasi ini. Di antaranya Sikep Madu Asia (Prenis ptylorhynchus), Elang Alap Nipon (Accipitor gularis), Elang Alap Cina (Accipitor soloensis), Baza Jerdon (Aviceda jerdoni), Baza hitam (Aviceda leuphotes), Elang Paria (Milvus migrans), dan Elang Ular Jari Pendek (Circaetus gallicus). Mereka terbang berkelompok 5 hingga 200 ekor.

Elang Jepang ini biasanya terbang dengan rute Taiwan-Filipina-Kalimantan. Sebagian besar elang tinggal di kawasan Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan. Namun sebagian yang lain melanjutkan perjalanan menuju Jawa dan NTT. Elang-elang ini kembali ke negeri asalnya pada Desember-Januari saat musim hujan.

Jadi, masih cukup waktu untuk Anda bertemu dengan elang Jepang. Belum kesampaian melihat langsung di Negeri Sakura, setidaknya Anda bisa menjumpai mereka di Malang 🙂

Selain elang Jepang, turut serta dalam migrasi ini elang Cina.

sumber: tempo, foto: wiki

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s