TASPO: kartu pengontrol pembeli rokok di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 110

Tak semua orang di Jepang boleh membeli rokok! Lalu, siapa saja yang boleh membeli rokok?

jlmc - taspoDi Jepang hanya mereka yang sudah cukup umur yang bisa membeli rokok. Sebagai langkah antisipasi, diberlakukan kepemilikan kartu bernama TASPO untuk dapat mengakses mesin penjual rokok. Upaya ini dilakukan pemerintah Jepang untuk mencegah perokok di bawah umur. Mesin penjual dengan built-in system verifikasi usia TASPO ini diperkenalkan secara nasional pada bulan Juli 2008. Hingga kini penerapan pemakain kartu ini belum menyeluruh ke segenap wilayah Jepang. Namun akan terus dikembangkan hingga seluruh wilayah Jepang mengaplikasikan pemakaian kartu ini. Cara mendapatkannya pun dipermudah dengan mengisi aplikasi yang tersedia di web khusus TASPO.

Pembelian rokok menggunakan TASPO ini bisa dilakukan di vending machine untuk rokok. Caranya adalah dengan menempelkan kartu ini di layar yang ada di tiap-tiap vending machine. Kalau tidak ada memiliki kartu ini mustahil pembelian rokok bisa dilakukan di mesin ini. Rokok masih bisa didapatkan di supermaket atau rumah makan. Tapi biasanya pengelola berhak menanyakan identitas pembeli bisa dirasa diperlukan. Misalnya saat dicurigai pembelinya masih di bawah 20 tahun.

Kampanye TASPO ini disponsori oleh The Tobacco Institute of Japan (TIOJ), The National Federation of Tobacco Retail Cooperative Associations, dan The Japan Vending Machine Manufacturers Association (JVMA). Langkah ini disadari tidak akan 100% efektif, tapi setidaknya akan menghambat para remaja dan anak-anak di bawah umur untuk bisa mendapatkan rokok.

sumber: taspo.jp

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s