Seragam Sailor di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 118

Mengapa seragam sekolah anak-anak Jepang tampak berbeda dibandingkan seragam di negara-negara lain? Rupanya ada cerita di balik keputusan menetapkan rok pendek bagi siswa sekolah di Jepang.

jlmc - rok pendek anak sekolah jepangDibandingkan dengan tradisi Jepang dengan kimono-nya, pemakaian rok pendek itu memang tampak kontras. Sebetulnya pada awalnya seragam sekolah di Jepang tak jauh beda dengan seragam di Indonesia, baju lengan pendek dengan rok selutut. Lalu apa yang menyebabkan seragam sekolah siswa Jepang berubah seperti yang sekarang sering kita lihat?

Pada masa dulu, anak-anak putri Jepang mengenakan kimono saat bersekolah. Hal ini tentu saja menyulitkan aktivitas mereka terutama saat berolahraga. Adalah Kepala Sekolah Fukuoka jo Gakuin, Elizabeth Lee mendapat ide model seragam yang dipakainya ketika belajar di Inggris, yakni baju pelaut (sailor). Tahun itu juga (1918) Elizabeth meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahitkan baju atasan seragam anak-anak putri. Namun berikutnya masih ada kendala dengan rok lurus yang mereka pakai. Elizabeth minta ke penjahit untuk membuat rok yang memudahkan gerak. Sang penjahit lalu membuat rok berlipit-lipit, terinspirasi dari gerakan gorden yang tertiup angin. Setelah cukup lama berproses, baru tiga tahun berikutnya seragam sailor diberlakukan pemakaiannya untuk pertama kalinya di Jepang. Keputusan ini lalu diikuti sekolah Kinjou Gakuin di Aichi, dan secara bertahap oleh sekolah-sekolah lain.

Kini seragam sailor tak dipakai di semua sekolah, ada yang menggantikannya dengan blazer atau kemeja putih berlengan pendek atau panjang. Tapi rok yang dikenakan tetap pendek. Anak-anak SMA di Jepang dikenal selalu tampil modis dan punya gaya berseragam yang unik-unik.

sumber: jcul

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s