Okonomi-yaki, martabak telor Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 126

jlmc - okonomiyakiOkonomi-yaki pada awalnya adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung dan air saja. Penganan ini biasanya disajikan dalam jamuan minum teh Sen no Rikyū, tokoh abad 16 yang sangat berjasa mengembangkan acara jamuan teh di Jepang. Memasuki jaman Meiji (akhir abad 19), kios-kios jalanan menjual Yōshoku-yaki (‘crepe ala Barat’) yang terdiri dari lapisan adonan tipis yang diberi taburan irisan ikan cakalang, bawang daun, dan saus. Dari situ mulai dilakukan modifikasi okonomi-yaki tradisional.

Campuran yang biasanya digunakan untuk okonomi-yaki adalah daging dan kol dengan bahan isi gurita, mentaiko (telur ikan yang dibumbui pedas), keju, kimchi (asinan sayur yang dibumbui pedas ala Korea), dan mochi Jepang.  juga populer. Okonomi-yaki juga dapat disajikan dengan lapisan mi goreng, yang dinamakan Modan-yaki.

Ada dua gaya utama Okonomi-yaki: ala Kansai dan ala Hiroshima. Ala Kansai mencampurkan bahan isi dengan adonannya, sementara ala Hiroshima terlebih dulu memasak adonannya dengan tipis seperti crepe kemudian diberi kol, daging, mi goreng, telur atau bahan isi lainnya.

Mari coba membuat okonomi-yaki sendiri 🙂

Bahan (untuk 4 porsi):
80 gram cumi
200 gram kol
1 butir telur
100 gram tepung terigu
½ gelas air (100 ml)
½ sendok teh garam (2,5 gram)
merica untuk perasa
1 sendok teh kecap asin (5 ml)
minyak sayur untuk menggoreng

Untuk saus
2 sdm saus tomat (30 ml)
1 sdmakan kecap asin (15 ml)
mayonnaise (kalau suka)

Cara memasak:
1. Potong cumi bentuk dadu ukuran 1 cm. Cincang halus kol hingga berbentuk dadu ukuran 1/2 cm.
2. Kocok telur di dalam mangkuk. Tambahkan air, lalu bumbui dengan garam, kecap asin, dan merica. Masukkan sedikit demi sedikit tepung ke dalam adonan.
3. Masukkan cumi dan kol, aduk hingga tercampur merata dengan adonannya.
4. Panaskan penggorengan atau wajan datar dan lapisi dengan sedikit minyak. Tuangkan seluruh campuran adonan tadi dan ratakan hingga berbentuk lingkaran dengan ketebalan sekitar 2 cm. Tutup penggorengan dan biarkan di atas api kecil selama 7-8 menit. Bila bagian bawahnya sudah berubah menjadi berwarna coklat keemasan, balikkan. Tambahkan sedikit minyak ke dalam penggorengan dan biarkan selama 7-8 menit hingga matang.
5. Campur saus tomat dan kecap asin. Sajikan Okonomi-yaki di atas piring dan beri saus di atasnya. Bila suka, tambahkan mayonnaise.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

2 pemikiran pada “Okonomi-yaki, martabak telor Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s