Imlek di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 139

jlmc - imlek di jepangHari ini orang Tionghoa di seluruh dunia merayakan Imlek. Aneka pesta digelar, mulai dari yang sederhana seperti makan bersama keluarga hingga pesta kembang api besar-besaran.

Bagaimana dengan di Jepang? Apakah orang Jepang juga ikut merayakan Imlek? Saat ini tidak. Pada masa lalu Jepang memang menggunakan kalender bulan yang sudah digunakan terlebih dahulu oleh bangsa China. Imlek dihitung berdasarkan kalender ini. Jepang mengadopsi kalender bulan dan menggunakannya selama lebih dari 13 abad.

Pada masa restorasi Meiji, Jepang melihat pentingnya menjalin komunikasi dengan bangsa Barat. Beberapa perubahan dilakukan termasuk pemberlakuan kalender Barat yakni kalender Gregorian, seperti yang dipakai sekarang. Penggunaan kalender Gregorian secara resmi diberlakukan pada tanggal 1 Januari 1873.

Maka secara umum tak ada perayaan Imlek di Jepang. Kecuali didaerah orang Tionghoa bermukim, seperti Yokohama Chinatown, Nagasaki Chinatown, dan Kobe Chinatown. Di beberapa wilayah ini Imlek dirayakan tak jauh beda dengan negara-negara lain seperti makan-makan, bermain kembang api, dan membagikan angpao ke sanak keluarga.

berbagai sumber

Foto: Aksi penguin di taman hiburan Hakkeijima Sea Paradise pada parade jelang perayaan Imlek di taman hiburan Hakkeijima Sea Paradise, Yokohama, Tokyo, hari Minggu lalu. (merdeka online)

 

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s