Valentine’s Day di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 145

jlmc - coklat valentineTanggal 14 Februari dirayakan sebagian masyarakat dunia sebagai Valentine’s Day. Peringatan yang awalnya merupakan budaya Barat, telah diadopsi oleh masyarakat dunia lain. Termasuk Jepang.

Yang unik, pada perayaan Valentine’s Day di Jepang, pemberi hadiah bukan dari pihak laki-laki tapi dari perempuan. Coklat menjadi benda paling populer sebagai ungkapan kasih sayang. Ada dua jenis cokelat yang diberikan sebagai hadiah, yaitu honmei-choko dan giri-choko.

Perempuan Jepang biasanya memberikan coklat pada orang yang disayangi. Bisa orang tua, kakak, adik, pacar, teman atau sahabat laki-lakinya. Uniknya coklat yang diberikan tidak boleh sama, harus berbeda. Sebab, setiap coklat memiliki arti tersendiri. Giri-choco diberikan kepada rekan kerja di kantor. Ini artinya “kewajiban”. Coklat yang dipilih biasa dengan harga relatif murah dan tidak memiliki makna khusus.

Untuk laki-laki yang memiliki makna khusus, perempuan memberi mereka coklat khusus yang disebut Honmei-choco. Coklat ini terbilang istimewa dan harganya pun relatif mahal. Bagi para perempuan yang sudah memiliki pasangan, biasanya Honmei-choco diberikan bersama dengan hadiah lain, misalnya dasi, arak Jepang, atau wine. Bagi perempuan yang masih lajang dan sedang mengincar laki-laki idamannya, inilah saat yang tepat untuk mengungkapkan cinta.

Para perempuan lajang biasanya juga menyiapkan coklat untuk dinikmati sendiri. Namanya Mai-choco. Ada juga Tomo-choco, diberikan kepada teman dekat perempuan. Ini tradisi baru yang belakangan ini mulai berkembang. Selain coklat dan bingkisan, tradisi berkirim kartu valentine pun masih turut serta menambah ramainya perayaan hari kasih sayang di negeri sakura ini.

berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s