Cafe Kucing (Liar) di Kyoto

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 147

Keberadaan cafe kucing mungkin sudah cukup familiar. Tapi barangkali tak cukup banyak yang tahu kalau beberapa  cafe kucing bukan semata mengikuti tren namun karena mereka memang peduli dengan nasib para kucing, dalam hal ini stray cat atau kucing liar.

Contohnya adalah pemilik Cat Cafe Nekokaigi, Mayuko Horii. Ia adalah pelopor kafe kucing di Kyoto. Horii membuka cafe kucing pada tahun 2008 di kota kuno Jepang yang penuh dengan kucing-kucing liar itu. Awalnya adalah 13 bayi kucing yang didapatkan Horii dari seorang relawan. Menurut Horii, ia bisa saja mengisi cafenya dengan kucing-kucing langka. Namun ia lebih menghargai kucing-kucing Kyoto yang telantar. Saat ini kucing-kucing tersebut rata-rata berumur 5 tahun.

jlmc - cafe kucing kyotoTentu saja Horii juga mendapat keuntungan dari hadirnya kucing-kucing tersebut. Para pengunjung membayar sekitar 800 Yen (sekitar Rp 80 ribu) sejam untuk bermain dengan salah satu dari 13 kucing, misalnya mengejar boneka mainan dan tidur siang di sekitar ruangan. Pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 40 ribu per setengah jam. Sedangkan minuman yang rata-rata seharga 300 Yen tidak wajib untuk dibeli.

Tunggu! Ada aturan mainnya. Horii memberlakukan beberapa peraturan untuk memastikan kehidupan yang baik untuk para kucing, misalnya melarang anak-anak di bawah usia 13 tahun dan memberitahu pelanggan agar tidak pernah menyentuh kucing yang sedang tidur. Dia juga tidak akan mengijinkan para pelanggan mengadopsi kucing-kucing tersebut.

sumber: japanesestation

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

4 pemikiran pada “Cafe Kucing (Liar) di Kyoto

    • hihihi…

      jova, si galak tp manja banget sm ibu.
      menik lg klayapan mulu. ampun2an tuh anak. tp paling seneng kl motor dateng dia nyamperin. ato kl lg dicariin, ketemu, dipanggil dr jauh langsung kicik2 lari nyamperin.. tetep aja ga bisa marah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s