Pulau Okunoshima: ketika ladang kimia berganti rupa jadi taman kelinci

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 156

Pulau ini memiliki peran penting selama masa Perang Dunia II. Bukan sebagai pangkalan militer terbuka, melainkan sebagai pangkalan militer rahasia hasil bahan kimia beracun. Okunoshima yang dipilih sebagai karena lokasinya yang terpencil. Jika terjadi ada kecelakaan akibat gas beracun, kota-kota besar seperti Tokyo akan terhindar dari bencana tersebut.
jlmc - pulau kelinciKini segala sesuatunya sudah berubah. Kengerian akibat dampak zat kimia beracun tergantikan oleh makhluk luncu yang menghuni pulau ini. Kelinci! Binatang berbulu ini awalnya dijadikan objek percobaan uji bahan kimia. Setelah kekalahan Jepang oleh tentara Sekutu pada akhir Perang Dunia II, semua kegiatan di pulau ini ditutup. Kelinci-kelinci dibebaskan. Lalu berkembang biak. Kabarnya pada tahun 1971 sekelompok anak-anak sekolah juga melepaskan delapan kelinci di pulau ini dan menambah jumlah kelinci di pulau ini.

Okunoshima, pulau yang selama 16 tahun digunakan militer Jepang untuk memproduksi kiloton gas yang mematikan ini kini konon dihuni tak kurang dari 300 ekor kelinci. Tak heran jika pulau ini dijuluki Usagi Shima atau Pulau Kelinci. Meski memiliki masa lalu suram, kini pulau dengan luas 700.000 meter persegi ini dilengkapi dengan lapangan golf, pantai, taman, dan resor.

Uniknya, walau kelinci di pulau ini secara teknis merupakan hewan liar, tetapi bertahun-tahun masa penangkaran telah membuat mereka terbiasa dengan kehadiran manusia. Mereka terbiasa melompat ke pangkuan wisatawan dengan harapan akan mendapatkan wortel, kubis, atau pakan kelinci lainnya. Wisatawan dapat membeli makanan untuk kelinci di resor setempat. Selain memberi makan, pengunjung juga diijinkan menyentuh para kelinci.

Beberapa biro perjalanan wisata Jepang telah lama menawarkan paket tur ke Pulau Okunoshima bagi penggemar kelinci. Tur disediakan dalam bahasa Jepang maupun bahasa Inggris.

sumber: kompas

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s