Hidetoshi Nakata, pemain bola Jepang salah satu terbaik Asia

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 167

Ia dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Posisinya sebagai pemain gelandang selama 11 tahun, membawanya bermain di negerinya, Jepang, di Italia, dan Inggris, serta tiga kali memperkuat tim nasional Jepang di Piala Dunia tiga kali berturut-turut 1998, 2002, dan 2006.

jlmc - hidetoshi nakata

Hidetoshi Nakata (中田 英寿) atau biasa dipanggil Nakata lahir pada 22 Januari 1977 di Kofu, Prefektur Yamanashi, Jepang. Nakata memulai karier profesionalnya bersama Bellmare Hiratsuka. Dua tahun berikutnya ia memainkan pertandingan internasional pertamanya bersama Jepang saat menghadapi Korea Selatan. Nakata berperan besar dalam membawa tim Jepang lolos ke Piala Dunia 1998. Nakata terpilih sebagai Pemain Terbaik AFC pada tahun 1997 dan 1998.

Setelah Piala Dunia di Perancis, Nakata hijrah ke Perugia di Serie A (Italia). Sempat bertahan dua musim, ia lalu pindah ke Roma. Di sini ia punya andil mendapatkan gelar juara melalui sumbangan dua golnya pada menit-menit akhir saat Roma bermain seri 2-2 melawan Juventus. Nakata juga membantu Jepang mencapai final Piala Konfederasi 2001. Sayangnya ia terpaksa meninggalkan Jepang sebelum babak final karena harus memperkuat Roma pada pertandingan liga.

Nakata sempat bergabung dengan beberapa club Eropa, yakni Parma, Bologna, Fiorentina, dan terakhir ke Bolton Wanderers di Liga Utama Inggris sebagai pemain pinjaman. Pada 3 Juli 2006, setelah Jepang tersingkir dari Piala Dunia 2006, Nakata mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional serta dunia sepak bola profesional. Dalam situs web pribadinya, ia mengatakan,”Saya tak akan lagi berdiri di atas lapangan sebagai pemain profesional… namun hal tersebut tak akan membuat saya berhenti bermain sepak bola.”

sumber: wiki

 

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s