Warga Fukushima mulai kembali ke rumah

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 168

Sebanyak 350 orang warga Fukushima, Jepang, Selasa minggu lalu (01/04/2014) kembali ke rumahnya masing-masing di distrik Miyakoji, Tamura. Ijin dari pemerintah Jepang sendiri sudah dikeluarkan sejak bulan Februari lalu. Tingkat radiasi di kawasan itu dianggap sudah cukup rendah sehingga bisa dihuni kembali. Walaupun banyak warga yang masih ragu, namun mereka akhirnya memutuskan pulang ke rumah yang telah mereka tinggalkan selama tiga tahun tersebut.
jlmc - warga fukushima pulangSeperti diketahui, tiga tahun lalu, sekitar 80.000 orang dievakuasi setelah bencana gempa dan tsunami menyebabkan kerusakan di reaktor Fukushima, dan mengeluarkan radiasi ke sekitarnya. Sebagian tempat di kawasan berbahaya itu terlantar karena para penghuninya tinggal di penampungan sementara atau bersama keluarga.

Pulangnya warga Fukushima yang pertama ini menandai dibukanya kawasan berbahaya seluas 20 km tersebut. Dalam dua tahun ke depan, diperkirakan sekitar 30.000 orang akan diizinkan untuk pulang ke rumah mereka.

sumber: bbc

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s