Naoko Takeuchi, sang pencipta Sailor Moon

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 170

jlmc - naoko takeuchiBarangkali orang memang lebih mengenal karyanya dibandingkan sosok pembuatnya. Karyanya telah dicetak dan dijual secara luas di Amerika Serikat. Dunia pun mengenal mereka, 5 gadis dengan kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak. Yup, mereka: Sailor Moon.

Sosok penting di balik Sailor Moon adalah Naoko Takeuchi (武内直子). Perempuan yang lahir pada tanggal 15 Maret 1967 ini sebetulnya bukan seorang komikus, pada awalnya. Takeuchi adalah seorang farmasis apoteker berlisensi. Ia lulus dan menerima gelar dalam bidang kimiadari Kyoritsu University of Pharmacy. Namun selagi mengikuti pendidikan yang disarankan orang tuanya tersebut, ia masih menggeluti dunia manga yang disukainya. Usia 19 tahun ia sudah menelurkan karya pertamanya, yang kemudian memenangi penghargaan Nakayoshi’s New Artist.

Seolah menemukan jalan karirnya, Takeuchi produktif melahirkan karya. Tentu saja karyanya yang paling monumental adalah Sailor Moon. Hasil karya Takeuchi ini meliputi komik, beberapa film, panggung musikal, dan serial televisi. Sailor Moon menceritakan kisah Usagi Tsukino, seorang gadis yang suatu hari menyadari bahwa ia merupakan reinkarnasi dari pahlawan yang berjuang untuk cinta dan keadilan. Serial inilah yang menyebabkan banyaknya anime dan manga “magical girl” yang banyak bermunculan pada akhir tahun 1990an. Serial ini dicetak dalam 18 volume, lalu dicetak ulang pada 2003 dan 2004 dalam format 12 volume deluxe “Renewal Edition” dengan tambahan dua volume yang menceritakan kisah pembuatannya.

Kini Naoko Takeuchi tinggal di Tokyo, Jepang, bersama suaminya, Yoshihiro Togashi, pembuat YuYu Hakusho dan Hunter × Hunter. Mereka memiliki seorang anak laki-laki yang dijuluki “Petit Ouji”.

beberapa sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s