Yataro Iwasaki, tokoh di balik Mitsubishi

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 173

Satu lagi pengusaha sukses Jepang yang berjuang dari bawah: Yataro Iwasaki!
jlmc - yataro iwasaki
Yataro Iwasaki (岩崎 弥太郎) lahir 9 Januari 1835 dari keluarga petani sederhana di Aki, Provinsi Tosa (sekarang Kochi). Yataro belajar bekerja dari Klan Tosa, klan yang banyak menarik anak muda untuk berambisi membangun perekonomian yang baik. Melanjutkan pendidikan, Yataro meninggalkan kampung halamannya menuju Edo (kini Tokyo) saat ia berusia 19 tahun. Sayang proses pendidikannya tak berjalan lancar. Sebuah peristiwa terkait sang ayah memaksanya kembali ke Aki. Namun kasus rupanya berlangsung alot, menyeret Yataro ke balik jeruji besi karena ia telah menuduh hakim melakukan tindak korupsi.

Yataro mendekam di penjara selama tujuh bulan. Keluar dari penjara ia tak memiliki pekerjaan hingga kemudian menemukan pekerjaan sebagai guru sekolah desa. Namun jiwa bisnisnya memanggil. Ia pun kembali ke Edo. Pada kedatangannya kali ini ia banyak terlibat dalam aktivitas politik dan belajar di bawah reformis Yoshida Toyo, yang memiliki ide membuka dan mengembangkan perekonomian bangsa melalui industri dan perdagangan luar negeri. Yoshida memberinya pekerjaan sebagai juru tulis bagi pemerintah Tosa. Kemampuannya rupanya cukup diperhitungkan. Tak lama ia dipromosikan ke posisi teratas di kantor perdagangan Nagasaki, yang bertanggung jawab untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk membeli kapal, senjata, dan amunisi.

Tahun 1868, setelah Restorasi Meiji, dilakukan pembubaran bisnis yang berkepentingan dengan shogun. Iwasaki lalu pergi ke Osaka dan menyewakan hak untuk perdagangan marga TSUKUMO Tosa Trading Company. Perusahaan mengadopsi nama Mitsubishi pada Maret 1870 (dan dikukuhkan 3 tahun kemudian), ketika Yataro resmi menjadi presiden. Lambang yang digunakan merupakan gabungan dari lambang keluarga Iwasaki dan lambang keluarga Yamanouchi, pemimpin klan Tosa yang menguasai bagian Yataro Shikoku.

Mitsubishi nyaris terpuruk karena terjadinya Insiden Formosan. Mereka dianggap bertanggung jawab atas tewasnya 54 nelayan Jepang di Pulau Formosa (Cina). Namun keadaan membaik. Bahkan Yataro memenangkan hak untuk mengoperasikan kapal-kapal pemerintah. Perusahaan ini pun kemudian berkembang kembali dan bertahan hingga kini.

sumber: wiki

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

2 pemikiran pada “Yataro Iwasaki, tokoh di balik Mitsubishi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s