Robert Kiyosaki, penulis buku motivasi Amerika keturunan Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 178

Namanya dikenal luas karena bukunya yang terkenal, ‘Rich Dad, Poor Dad’ yang menjadi salah satu bestseller versi New York Times. Buku berikutnya, ‘Kiyosaki Rich Dad’s CASHFLOW QuadrantdanRich Dad’s Guide to Investing’ juga berhasil mendulang sukses. Kini ia memiliki setidaknya selusin buku yang telah diterbitkan dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Robert Kiyosaki telah melakukan banyak pekerjaan sebelum akhirnya menuliskannya dalam buku-buku motivasi tersebut.

jlmc - robert kiyosakiNama lengkapnya Robert Toru Kiyosaki. Sesuai namanya, Kiyosaki adalah generasi keempat Jepang-Amerika, yang dilahirkan dan dibesarkan di Hawai. Dia adalah putra dari almarhum pendidik Ralph H. Kiyosaki (1919-1991). Setelah lulus dari Hilo High School, Robert Kiyosaki memasuki US Merchant Marine Academy di New York. Lulus pada tahun 1969 sebagai perwira dek, ia langsung bertugas di Korps Marinir sebagai pilot helikopter tempur selama Perang vietnam. Kiyosaki dianugerahi Medali Angkatan Udara karena keterlibatannya dalam perang itu.

Tahun 1974 Kiyosaki keluar dari Korps Marinir dan mendapat pekerjaan menjual mesin fotokopi untuk Xerox Corporation. Tiga tahun kemudian ia memulai sebuah perusahaan yang memperkenalkan dompet ‘surfer’ berbahan nilon dan velcro untuk pertama kalinya kepada pasar. Pada awalnya perusahaan ini cukup berhasil, tapi akhirnya bangkrut. Pada awal 1980-an, Kiyosaki menjajagi usaha baru: bisnis T-shirt berlisensi untuk Heavy metal band rock. Lalu sekitar tahun 1996-1997 ia meluncurkan CASHFLOW Technologies, Inc yang mengoperasikan dan memiliki merk dagang Rich Dad (dan Cashflow) brand.

Sebagian besar ajaran Kiyosaki berfokus pada menghasilkan pendapatan pasif dengan cara investasi peluang, seperti real estate, dan bisnis. Tujuannya adalah untuk bisa mendukung diri sendiri dalam kebebasan finansial. Sebelumnya Kiyosaki memaparkan konsep ‘The Cashflow Quadrant’ yang menggambarkan tentang bagaimana semua uang di dunia diperoleh. Dalam sebuah diagram ia menggambarkan konsep yang mensyaratkan empat kelompok, dibagi dengan dua garis (satu vertikal dan satu horisontal). Pada masing-masing kelompok diwakili huruf-huruf beserta artinya:
‘E:’ Employee atau Karyawan, pegawai negeri – Bekerja untuk orang lain.
‘S:’ Self-employed atau karyawan profesional seperti dokter, pengacara, akuntan,dan pekerja seks – Seseorang memiliki keahlian setingkat diatas employee.
‘B:’ Business owner – Seseorang telah memiliki sebuah ‘sistem’ untuk membuat uang; bukan pekerjaan untuk menghasilkan uang.
‘I:’ Investor – Menginvestasikan atau menanamkan uang pada suatu bidang yang menghasilkan pemasukan lebih besar.

berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s