Zentai, komunitas baru Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 182

Sebuah komunitas pemburu tren baru-baru ini muncul di Jepang. Mereka menamakan dirinya zentai, mengambil singkatan dari zenshin taitsu, yang secara harfiah diartikan ‘pakaian ketat di seluruh tubuh’.

Semacam apakah gaya mereka? Seperti namanya, mereka memilih setelan body suit spandex sebagai gaya mereka untuk menghibur dan menarik perhatian orang-orang sekitar. Salah seorang dari komunitas, Hokkyoku Nigo, mengaku mengenakan kostum spandex ini bukan semata mengemas diri dalam body suit ketat dan ditatap banyak orang. Menurutnya mengenakan fashion spandex ini berarti ‘terbebaskan’ dari apa yang orang lain pikirkan mengenai mereka. Pemuda berusia 20 tahun ini mengaku kalau sebelumnya telah menjalani hidup yang dipenuhi kekhawatiran tentang apa yang orang lain pikirkan tentang dia. Nigo merasa terbebas dari penilaian orang yang selama ini menyebutnya manis, lembut, kekanak-kanakan atau naif.
jlmc - zentaiSeorang profesor dari Tokyo Mirai University, Ikuo Daibo mengatakan, fenomena ini menarik sebagai studi mengenai sifat manusia. Karena orang-orang yang memakai pakaian ini menunjukkan ‘diri mereka yang lebih dalam’ dengan secara anonim mengekspresikan diri melalui zentai berwarna-warni dan aneh ini. Menurutnya hal ini juga semacam refleksi bahwa masyarakat Jepang memiliki semacam perasaan ‘ditinggalkan oleh masyarakat’. Perasaan itu membuat mereka merasa ‘tidak dapat menemukan peran mereka dalam masyarakat’. Beberapa dari mereka telah menemukan rasa memiliki dan individualitas itu melalui komunitas zentai ini.

sumber: japanesestation

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk!Β JLMC

Iklan

7 pemikiran pada “Zentai, komunitas baru Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s