Katsushika Hokusai, sang seniman ukiyo-e Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 189

Karyanya mendapatkan apresiasi yang lebih besar dari dunia Barat dibandingkan dari negerinya sendiri. Sejumlah nama besar pelukis dunia juga dianggap menjadikannya sumber inspirasi. Ia seniman pelukis, pemahat, dan terutama seniman grafis dengan teknik ukiyo-e pada zaman Edo. Namanya
Katsushika Hokusai (葛飾北斎).

jlmc - the great waveHokusai (1760-1849) lahir di Distrik Honjo, Edo (sekarang Tokyo). Ia dikenal sebagai pelukis buku sketsa 15 jilid berjudul Hokusai Manga (terbit tahun 1814) dan cetakan ukiyo-e “36 Pemandangan Gunung Fuji” (sekitar tahun 1823-1829) termasuk “Ombak Besar di Lepas Pantai Kanagawa” yang terkenal. Hokusai Manga berisi sketsa-sketsa yang inventif dan diterbitkan sejak 1814. Gaya karikaturnya sering dianggap sebagai perintis manga modern. Sedangkan seri lukisan 36 Pemandangan Gunung Fuji adalah karya ukiyo-eini Hokusai yang begitu terkenal sehingga ia menambah jumlah 10 lukisan lagi menjadi 46 buah.

Ukiyo-e secara harafiah diartikan sebagai “lukisan zaman sekarang” atau lukisan bertema kehidupan sehari-hari. Hokusai dianggap sebagai salah satu tokoh penting dalam bidang ukiyo-e. Selain itu, Hokusai juga terkenal untuk gambar erotisnya dalam gaya shunga. “Fukujusō” karyanya, sebuah rangkaian sejumlah 12 gambar yang merayakan keagungan tubuh dan hasrat, dianggap sebagai salah satu dari tiga karya shunga terbaik. Karyanya inilah yang disebut-sebut menjadi inspirasi penting bagi impresionis Eropa seperti Claude Monet.

Hokusai mempunyai karier yang panjang. Namun banyak karya pentingnya yang justru dibuat saat usianya di atas 60 tahun.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s