Bukit pasir Tottori, gurun mini-nya Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 197

Ada bukit pasir di Jepang? Yup! Namanya bukit pasir Tottori.
jlmc - bukit totoriBukit pasir Tottori ini adalah sebuah bukit pasir raksasa yang terlihat seperti gurun. Lokasinya ada di dekat Kota Tottori di Honshu, Jepang. Bukit pasir ini membentang di sepanjang pantai timur Tottori, berjarak sekitar 2 kilometer dari bibir pantai dengan luas 30 kilometer persegi. Puncak tertinggi bukit pasir ini mencapai sekitar 90 meter di atas permukaan laut, dengan kemiringan 40 derajat. Secara teknis, bukit pasir ini memiliki sifat seperti gurun karena suhu pasir dapat naik dengan mudah dan mencapai di atas 50 derajat Celcius pada musim panas yang terik. Sejumlah spesies tanaman dan hewan khas gurun juga berkembang di area ini. Bukit pasir ini kerap dijuluki gurun mininya Jepang.

Bukit Pasir Tottori terbentuk oleh endapan sedimen yang dibawa dari Pegunungan Chugoku oleh Sungai Sendai ke Laut Jepang. Lalu arus laut dan angin mengantarkan pasir-pasir itu dari dasar naik ke pantai. Angin kemudian membentuk bukit pasir tersebut. Bukit ini diduga telah ada lebih dari 100.000 tahun lalu. Namun dikabarkan terus mengalami penurunan karena program reboisasi yang dirancang sejak pasca Perang Dunia II. Selain itu, penghalang beton yang didirikan sebagai pelindung daratan dari ancaman tsunami telah mengganggu arus pebawa pasir ke pantai.

Bukit Pasir Tottori telah menarik sekitar dua juta pengunjung setiap tahunnya. Sebagian besar berasal dari Jepang dan Asia Timur.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s