Permintaan maaf anggota parlemen Jepang atas pernyataan seksisnya

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 199

jlmc - permintaan maaf ang parlemenFoto ini sedang banyak diunggah ke berbagai jejaring sosial. Foto yang menampakkan anggota parlemen kota Tokyo Jepang, Akihiro Suzuki dari Partai Demokratik Liberal LDP yang secara terbuka dan pribadi mohon maaf kepada anggota partai dari kelompok oposisi Ayaka Shiomura atas tindakannya yang tidak pantas. Ketika Shiomura berbicara mendukung kaum ibu dalam pertemuan di Majelis Metropolitan Tokyo, Suzuki berteriak, “ayo lekas dan menikahlah”.

Insiden itu terjadi sewaktu pemerintah Jepang bersiap mengumumkan reformasi ekonomi untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam pengelolaan dan perluasan layanan perawatan anak-anak untuk membantu orang tua yang bekerja. Shiomura adalah anggota Partai Anda dan salah satu dari 23 perempuan dalam majelis beranggota 127 orang itu. Kepada wartawan Shiomura mengatakan bahwa ia berharap politisi-politisi lain akan mengakui perbuatannya.

Pejabat-pejabat tingkat tinggi Jepang mengecam perilaku mencemooh pekan lalu itu, dan menyerukan majelis itu untuk “membersihkan lembaga itu”. Dalam konferensi pers Senin kemarin, Suzuki menyatakan maaf sekaligus mengabarkan pengunduran dirinya dari partai. Namun ia masih tercatat sebagai anggota parlemen.

Saat ini Jepang masih tercatat sebagai salah satu negara maju dengan tingkat partisipasi perempuan terendah dalam dunia kerja.

sumber: voa

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s