Hide-And-Go-Seek Championship di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 202

Apa sih yang tak ada di Jepang? Ya, hal-hal unik banyak bisa kita jumpai di negeri matahari terbit ini. Termasuk yang satu ini, permainan petak umpet yang bisajadi merupakan yang terunik di Bumi.

jlmc - petak umpet festivalMinggu lalu berlangsung acara 15th Annual All Japan Hide-And-Go-Seek Championship di Prefektur Gifu di Jepang. Acara ini pada intinya adalah acara petak umpet massal. Yang berbeda adalah para peserta mengenakan kostum-kostum unik. Sebetulnya berdandan-nya sendiri bukan bagian dari persyaratan untuk masuk dalam kompetisi. Namun kini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar peserta yang terlibat karena kostum terbaik akan memenangkan hadiah. Acara ini lebih sebagai ajang untuk bersenang-senang. Orang-orang hanya berpura-pura untuk bersembunyi. Karena sebetulnya mereka hanya ingin berlari-lari dengan kostum mereka. Tak heran jika pada akhirnya All Japan Hide-And-Go-Seek Championships tampak lebih menyerupai parade.

Sebagai peserta, kita diberikan pilihan untuk pergi bersembunyi atau pergi mencari. Tahun ini, ada sekitar 300 peserta yang bersembunyi dan 380 peserta yang mencari. Ketika permainan dimulai, para peserta yang bersembunyi berlari untuk mencari tempat persembunyian mereka. Beberapa saat kemudian, para peserta yang mencari berusaha untuk mencari mereka. Pada pelaksanaan tahun ini, Kota Yumura, Prefektur Gifu didaulat sebagai tuan rumah All Japan Hide-And-Go-Seek Championship. Kota Yumura memiliki mata air panas alami dan secara harfiah namanya diterjemahkan menjadi “Hot Water Town”. Jadi setelah lelah berlarian untuk sembunyi atau mencari, para peserta bisa langsung menenangkan diri di mata air panas alami Yumura.

sumber: japanesestation

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s