Umar (Ryoichi) Mita, mengenal Islam di Cina

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 207

jlmc - ryoichi mitaSalah satu tokoh muslim Jepang yang banyak disebut adalah Ryoichi Mita. Lelaki kelahiran Yamaguchi, 19 Desember 1892 ini mengenal Islam saat melakukan kunjungan ke Cina. Di negeri tirai bambu ini, Mita banyak bergaul dengan masyarakat Cina muslim. Saat itu (tahun 1922) Mita bergabung dengan perusahaan kereta api Manchjrian, di Dairen (Dalian), Manchuria.

Tahun 1941 merupakan titik balik dalam kehidupan Ryoichi Mita. Meski telah puluhan tahun bergaul dengan masyarakat muslim Cina, dia tidak pernah mempelajari secara formal. Terlebih ia dibesarkan dalam tradisi Buddha dari keluarga samurai selama beberapa generasi. Pada tahun tersebut, saat ia pindah ke Peking, Mita memutuskan untuk memeluk Islam. Dengan bimbingan Imam Wang Reilan dari Nyuchie Masjid Peking, Ryoichi Mita resmi menyatakan iman Islam-nya dan menerima nama Umar. Ia tinggal di Peking sampai akhir perang, tahun 1945, saat ia mengundurkan diri dari jabatan resmi dan kembali ke Jepang.

Meninggalkan 30 tahun hidupnya yang panjang di Cina, Umar Mita memulai hidup barunya di Jepang. Ia lalu mengambil pekerjaan mengajar bahasa Cina, untuk pertama kalinya di Universitas Kansai, Osaka, lalu Universitas Kita-Kyushu,  di pulau Kyushu. Pasca kehilangan istrinya pada tahun 1952, ia berhenti mengajar, lalu menetap di Tokyo. Umar Mita memutuskan untuk sepenuhnya terlibat dalam kegiatan keagamaan Islam. Umar Mita ambil peran dalam mendirikan Asosiasi Muslim Jepang bekerjasama dengan Muslim asing yang tinggal di Jepang.

berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

3 pemikiran pada “Umar (Ryoichi) Mita, mengenal Islam di Cina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s