Liberdade, Japanese Town di Brasil

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 209

Negara ini beberapa waktu terakhir menjadi sorotan dunia, terutama publik pecinta bola. Yup, Brazil! Lalu apa hubungannya Brazil dengan Jepang? Hubungannya adalah: ada kampung Jepang di Brazil!

jlmc - japanesetownbrasil

Berkunjunglah ke kawasan Liberdade. Saat ini Liberdade menjadi salah satu tujuan wisatawan penonton Piala Dunia 2014 lalu, saat jeda pertandingan tim favoritnya. Nama Liberdade secara harfiah bermakna ‘kebebasan’. Tepatnya di Se, Sao Paulo. Begitu memasuki kawasan ini nuansa Asia akan langsung terasa kental. Di sinilah Japanese Town berada. Nuansa Asia tak hanya dari tulisan-tulisan Jepang yang menghiasi toko-toko tetapi juga dari orang-orang yang berlalu lalang. Lampu-lampu penerangan jalan juga bercirikan Jepang. Yang unik juga, ada bentuk kuil ala Jepang pada lampu penyeberangan jalan untuk pejalan kaki.

Nuansa Jepang kian terasa saat memasuki gapura resmi kawasan ini. Gapura atau torii ini biasa dijumpai pada pintu masuk kuil Shinto. Warnanya merah dengan tinggi kurang lebih delapan meter. Pada hari kerja, kawasan ini banyak dikunjungi para pekerja untuk bersantap siang di sejumlah restoran Asia yang ada di sisi-sisi jalan. Suasana akan berganti pada akhir pekan, dengan banyaknya tenda mungil yang menjajakan makanan dan suvenir. Pada saat-saat tertentu kawasan ini juga bisa diramaikan oleh matsuri atau festival-festival kebudayaan yang sering digelar di negeri asalanya, Jepang. Pemandangan orang dengan aneka macam cosplay juga mudah ditemui.

Konon orang-orang Jepang mulai ada di kawasan ini pada tahun 1912. Para imigran itu kemudian terus tumbuh menjadi sebuah komunitas besar. Kini Japanese Town menempati kawasan Liberdade seluas 3,7 km2.

sumber: detiktravel

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s