Shinji Okazaki, sang pencetak gol Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 210

Demam sepakbola sudah berakhir. Jerman menjadi jawara kampiun setelah mengakhiri perlawanan Argentina dengan satu gol kemenangan. Lalu, apa kabar Jepang?
jlmc - shinji okazakiSebagai salah satu wakil Asia, Jepang akhirnya meninggalkan arena Piala Dunia 2014 setelah di partai puncak Grup C dikalahkan Kolombia. Dalam pertandingan yang berlangsung di Arena Pantanal, Cuiaba, Selasa, 24 Juni 2014 waktu setempat tersebut, Jepang harus puas dengan kedudukan 1-4. Shinji Okazaki menjadi penyumbang satu-satunya gol pada pertadingan itu. Siapakah Okasaki?

Shinji Okazaki (岡崎 慎司) adalah seorang pemain sepak bola Jepang untuk klub VfB Stuttgart. Ia lahir di Takarazuka, Hyōgo Prefecture, 16 April 1986. Okazaki menyelesaikan universitas pada tahun 2004, dan langsung menjadi pemain profesional di S-Pulse pada tahun berikutnya. Dia juga menjadi anggota tim sepak bola Jepang pada Olimpiade 2008.

Pasca olimpiade untuk usia di bawah-23 taun di China 2008, Okazaki membuat debut internasional penuh untuk Jepang melawan Uni Emirat Arab pada bulan Oktober 2008. Gol pertama ia cetak pada 20 Januari 2009, dalam pembukaan kualifikasi Piala Asia AFC 2011, melawan Yaman. Berikutnya Okazaki mencetak hat-trik dalam pertandingan berturut-turut saat Jepang mengalahkan Hong Kong
dan Togo 6-0 dan 5-0 masing-masing. Pada tahun itu pula ia digelari The World’s Top Goal Scorer of 2009 oleh IFFHS untuk 15 gol yang dihasilkannya bersama timnas.

Okazaki masuk dalam skuad Jepang untuk Piala Dunia FIFA 2010. Dia mencetak satu gol di final pertandingan Grup E saat melawan Denmark Pada tahun yang sama ia mencetak satu-satunya gol saat Jepang mengalahkan Argentina 1-0 pada pertandingan persahabatan mereka. Hat-trick ketiga Okazaki tercetak dalam pertandingan yang menang melawan Arab Saudi di Piala Asia AFC 2011. Dia kemudian mencetak gol tendangannya dalam kemenangan adu semifinal atas Korea Selatan. Ia juga bermain full 120 menit saat final Jepang mengalahkan Australia untuk memberi trofi untuk keempat kalinya.

Okazaki tercatat sebagai pencetak gol terbanyak pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 di Asia dengan 8 gol. Okazaki juga mencetak dua gol dalam pertandingan Piala Konfederasi FIFA 2013 melawan Italia dan Meksiko. Pada Juni 2014 Okazaki dinobatkan sebagai pencetak gol tertinggi ketiga di Jepang sepanjang masa.

beberapa sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s