Eco Cycle, sistem parkir sepeda Jepang yang ramah lingkungan

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 211

jlmc - parkir sepeda jepangJepang dikenal sebagai produsen mobil. Alat transportasi umum juga lengkap. Namun banyak warganya yang suka menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Saking banyaknya hingga kadang sulit menemukan tempat parkir sepeda. Untuk mengatasi hal tersebut dan menghindari orang parkir sepeda sembarangan, sebuah perusahaan konstruksi Giken memberikan solusi berupa sebuah sistem parkir bawah tanah yang dapat menampung ratusan sepeda. Eco Cycle, demikian nama sistem tersebut adalah sebuah sistem robotik yang menampung sepeda di bawah tanah sampai kedalaman 11 meter.

Bagaimana alat ini bekerja? Sepeda yang akan diparkir harus sudah dilengkapi dengan sebuah chip kecil yang telah dipasang sebelumnya. Pada jalur yang sudah disediakan di pintu parkir, chip ini akan membuka pintu. Setelah menekan tombol untuk parkir, maka mesin akan menarik sepeda tersebut dan mencari tempat kosong dengah mengarah ke bawah disertai dengan desingan. Sistem bentuk silinder raksasa itu dapat menampung 200 sepeda dan bisa memasukan 1 sepeda hanya dalam waktu 8 detik.

Konstruksi Eco Cycle ini juga dibuat tahan gempa. Pembuatannya sendiri membutuhkan waktu 2 bulan dengan biaya sekitar US$ 1,5 juta. Untuk memakai fasilitas ini, para penggunanya harus memiliki akun karena pembayaran dilakukan secara bulanan. Besaran biayanya, 1.300 yen per bulan untuk pelajar dan 1.800 yen untuk umum. Dengan biaya tersebut, orang dapat memarkirkan sepedanya tanpa batas pemakaian.

Penasaran? Ingin melihat bagaimana Eco Cycle beraksi? Berkunjunglah ke Jepang, cari Stasiun Shinagawa dan pergilah ke Taman Kounanhoshi.

Atau mau melihat sistem ini beroperasi di Bandung? 😀

sumber: dannychoo

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s