Akebono Taro, pesumo Amerika yang menjadi warga Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 216

Pernahkah Anda berhadapan langsung dengan pesumo? Bayangkan Anda berhadapan langsung dengan sosok setinggi 203 cm dengan berat badannya 233 kg. Bayangkan Anda berhadapan langsung dengan Akebono Taro!
jlmc - akebono taroAkebono Taro (曙太郎) adalah pesumo yang lahir di Waimānalo, Hawaii, Amerika Serikat. Ia lahir pada 8 Mei 1969, dengan nama lahir Chad George Haaheo Rowan. Awalnya Rowan bercita-cita untuk belajar dan berkarir di manajemen hotel. Tapi sedari awal juga ia tertarik pada sumo dari menonton siaran televisi. Ketertarikannya makin terpupuk saat ada yang mengenalkannya pada Azumazeki Oyakata, mantan Takamiyama, yang juga awalnya berasal dari Hawaii. Sebetulnya disebutkan Rowan terlalu tinggi dan kakinya terlalu panjang untuk sumo. Namun ia membiarkan Rowan bergabung dan belajar Sumo.

Tahun 1986 Rowan terbang ke Jepang. Dua tahun kemudian ia memulai debut profesionalnya. Rowan yang telah mengganti namanya menjadi Akebono Taro ini dilatih oleh perintis pegulat sumo dari Hawaii, Takamiyama. Dengan cepat ia naik peringkat dan mencapai divisi teratas pada tahun 1990 Setelah dua kejuaraan Yusho atau turnamen berturut-turut pada bulan November 1992 dan Januari 1993. Ia tercatat dalam sejarah sebagai menjadi pegulat pertama non-Jepang yang pernah mencapai Yokozuna, peringkat tertinggi di sumo.

Akebono menjadi warga negara Jepang pada tahun 1996. Setelah pensiun pada tahun 2001 ia bekerja sebagai pelatih di Azumazeki, sebelum meninggalkan Asosiasi Sumo pada tahun 2003. Akebono Taro adalah mantan satu kali Triple Crown Heavyweight Champion, satu kali World Tag Team Champion, dan dua kali All Asia Tag Team Champion.

sumber: wiki

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! JLMC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s