Semangka hati seharga 10 ribu Yen

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 227

Suatu ketika, mungkin buah semangka berbentuk hati ini bisa menjadi persembahan ungkapan cinta 🙂

jlmc - semangka hatiSetelah dikembangkan sejak 9 tahun lalu, semangka berbentuk hati ini terbaru ini diklaim sebagai yang paling populer dan bahkan yang pertama kali di dunia. Hiroichi Kimura, petani generasi ketiga yang berasal dari perfektur Kumamoto, Jepang ini mengakui sangat sulit membuat semangka berbentuk hati. Ia melakukan serangkaian uji coba pembentukan semangga hati ini dalam kurun waktu 9 tahun tersebut. Namun diakuinya, pada edisi terakhir inilah ia bisa menyebut hasilnya sebagai sukses.

Seperti apa proses pembuatan semangka hati ini? Awal kemunculannya sebagai buah, ia seperti semangka pada umumnya, bulat. Setelah agak besar, buah semangka itu dimasukkan ke cetakan akrilik transparan berbentuk hati yang diberi lubang-lubang kecil di permukaannya. Gunanya agar buah bisa ‘bernafas’. Setelah buah agak besar, tak muat lagi dengan cetakan akrilik tersebut, digantilah cetakan hati yang lebih besar, hingga pada ukuran diameter sekitar 20 cm. Saat bentuk hati terlihat cukup baik, barulah dipanen.

Menurut Kimura, tak semua semangka yang diproses berhasil baik. Sebagai gambaran, dari 400 semangka, hanya 200 semangka saja yang sukses menjadi semangka hati. Kelembaban udara, cuaca, panas dingin temperatur sangat penting. Posisi atau karakter tanah serta pupuk juga sangat menentukan. Untuk mengurangi resiko gagal, Kimura melindungi tempat pembuahannya semangka dalam plastik rumah kaca khusus. Dari sisi rasa, semangka hati ini juga sangat manis. Bukan hanya itu, semangka hati juga memiliki serat dan daging buah yang lembut. Ia juga memiliki wangi yang berbeda dengan semangka biasa.

Dari rumitnya proses semangka hati ini, tak heran jika ia termasuk langka dan dijual dengan harga mahal. Di Jepang, semangka hati dijual dengan harga 10.500 yen atau sekitar Rp 1,2 juta. Konsumennya bukan hanya pembeli Jepang, tapi juga dari luar negeri. Tiap masa panen, semangka hati langsung habis dibeli dan pesanan bisa menunggu hingga tiga bulan lamanya.

Berminat menjadikan semangka hati sebagai persembahan ungkapan cinta? Tapi…takai desu ne…


sumber: tribun

 

Iklan

3 pemikiran pada “Semangka hati seharga 10 ribu Yen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s