Menyambangi Pulau Dewata

Apa yang menarik dari Bali? Mungkin jawabannya akan beragam: pantainya, lautnya, orang-orangnya.. Buatku, Bali menarik pada setiap jengkalnya tanahnya.

bali - persembahanMinggu lalu, selama seminggu aku menikmati Bali. Ini kunjunganku yang ketiga kalinya. Kunjungan pertama tahun 2001. Undangan liputan dari DPRD Kota Bandung yang melakukan studi banding ke Kabupaten Badung. Bukan perjalanan yang menyenangkan, karena ada kewajiban kerja ditambah dengan ketidaknyamanan berada di lapangan untuk membuat liputan ‘studi banding’ yang sesungguhnya hanya sekitar 30% dari total waktu kunjungan mereka ke Bali. Begitulah… Kunjungan kedua bersama seorang kawan. 2010. Ajakan untuk jalan-jalan ke Bali, bergabung dalam sebuah paket wisata. Berhubung paket, kunjungan pun dibatasi dan lokasi kunjungan nyaris sama dengan kunjunganku ke Bali 9 tahun sebelumnya. Bukannya tidak menarik.. Justru membuatku penasaran dan terpikir untuk menjelajahi Bali pada suatu ketika nanti. Kesempatan itu datang bulan lalu.

Bertepatan dengan rencanaku mengundurkan diri dari tempat kerjaku, aku mengagendakan melakukan perjalanan; sebelum memutuskan untuk menerjunkan diri kembali ke pekerjaan. Aku lalu membuat kontak dengan seorang kenalan dari komunitas Leo Kristy, Mas Narto. Kukatakan aku ingin menjelajah. Pertanyaan itu langsung disambut dengan baik. Sangat baik malah. Aku yang awalnya masih ragu berhasil ‘dipaksa’ untuk membuat keputusan berangkat. Bukan apa-apa…Mas Narto adalah pemandu wisata dengan jam terbang tinggi. Jadi aku musti menyesuaikan. Maka kemudian beradalah aku di pulau ini. Bali.

bali - petaPada hari-hari mendatang aku akan membuat catatan perjalanan selama di Bali. Semoga mood-nya masih terjaga 🙂

Bali, piodalan dan ritual religi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s