RIP, Agam… gajah kecil yang tabah

Beberapa hari lalu aku ikut gembira, mendapati cerita dari seorang kawan. Tentang keajaiban yang datang melingkupi Agam, gajah berusia 2 tahun penghuni Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh Besar. Seperti banyak kawan yang mengikuti perkembangan Agam, aku pun berharap bayi gajah ini bisa pulih dan hidup normal kembali.

Tapi kemarin malam, kudengar kabar itu. Agam pergi (26 Oktober 2014 pkl. 15.55). Bayi belalai panjang itu tak mampu bertahan. Ah, Agam.. kau membuatku patah hati 😦

pray4agamSeperti diketahui, bayi Agam ditemukan penduduk tercebur ke dalam sumur. Diduga ia terperosok saat melakukan perjalanan bersama induk dan kawanan gajah lainnya. Besar tanpa air susu ibu diduga menjadi salah satu penyebab Agam mengalami kerapuhan tulang karena suplemen kalsium yang tidak sempurna, dan susu formula tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Pada pertengahan Mei, Agam tergelincir saat bermain bersama bayi gajah betina, Rosa. Sejak itu ia mengalami kesakitan.

Kepala Balai Konservasi Sumbaer Daya Alam (BKSDA ) Aceh, Genman Suhefti Hasibuan, seperti dikutip Kompas menduga, karena jarang bergerak, saraf-saraf Agam kemudian menurun fungsinya dan diduga ini juga menyebabkan perdaran darah tidak lancar ke seluruh tubuh termasuk ke jantung sehingga menyebabkan jantung tidak mampu melakukan aktifitasnya. Komplikasinya menyebabkan kematian. Kemarin malam jasad Agam langsung diotopsi untuk diambil sample organ tubuh Agam seperti hati, tulang, limpa untuk diperiksa di laboratorium guna memastikan penyebab kematiannya.

agam gajah kecilAh, Agam… sedih. Tapi kau udah tak sakit lagi, nak.. Selamat jalan..berlarilah bebas, sayang…

ripagam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s